Selasa, 24 Maret 2015

seragam merah putih yang ceria

Next Monday I will join elementary school students in fag ceremony at their school (Upacara Bendera). I applied for Kelas Inspirasi Program in my hometown, Magetan, East Java. The program activity is teaching elementary school students for one day. The aim of this program is giving elementary school students inspiration to reach the profession they want in the future by presenting many professionals from various fields into their class. The teachers are the volunteers who are the professionals at their job field. Actually I am not fulfill the requirement since I do not have profession yet. However, because I wrote my application in such persuasive way (I do not really know why I am accepted), I can join this program.

Joining Flag Ceremony will be exciting since it can call back the memory of school age. I do not know yet in which school I will teach that day. As my hometown has mountains and many beautiful villages, there is a possibility for me to pass the road in the mountain or go through beautiful villages to reach the school where I am going to teach. Just FYI, all roads in Magetan are in good condition already (aspalt), even in villages and mountain. Do not need to worry about it.

Having experience filling on-line application directly on the web table and I lost all document I already wrote because of the bad internet connection, I copied all what I wrote on the web application form on the ms.word before I clicked 'submit' button. Today, I accidentally opened that file when I wrote my paper conference for the event of Bandung Conference and Beyond. I do not know why, but I just want to share 2 parts of application form components. Here they are:

The question is: why do you want to be the volunteer in this program?

Saya tinggal di daerah pedesaan di Kabupaten Magetan. Tepat di depan rumah saya terdapat sebuah sekolah dasar yang dapat saya amati hingga kini melalui kaca jendela besar di ruang tamu. Saya melihat banyak putra-putri daerah Magetan memiliki potensi, kecerdasan, dan bakat luar biasa namun terkadang tidak memiliki keberuntungan kesempatan seperti yg saya miliki. Beberapa teman saya dan mungkin banyak lagi anak-anak Magetan saat ini hanya menyelesaikan pendidikan sampai SMA. Banyak di antaranya bekerja di sektor non formal. 

Seperti Bill Clinton kecil yang terinspirasi sejak kunjungan mahasiswa ke sekolahnya hingga dia bercita-cita tinggi dan meraihnya, saya ingin menginspirasi anak-anak daerah saya untuk memiliki mimpi besar dan menumbuhkan keyakinan bahwa mimpi tersebut dapat tercapai. Dengan keyakinan dan upaya kuat, pasti ada jalan bagi mereka untuk meraih impian mereka dan tidak menyia-nyiakan potensi yang mereka miliki, entah untuk membangun Magetan menjadi lebih baik maupun mengejar mimpi di luar sana.


Question: please share your unique experience when you studied at high school grade 


Saya bertemu dengan sahabat terbaik saya pada saat SMA. Dia adalah orang dengan impian besar. Ketika ditanya ingin kuliah di mana oleh teman-teman sekolah, dia mengatakan ingin kuliah di Oxford, sampai-sampai seorang teman berkata, "Maksudku universitas yang nyata, di Indonesia". Namun demikian, dia membuatku berfikir bahwa Oxford pun bisa menjadi nyata. Kami berteman baik sampai kelas 3 SMA. Belajar bersama sampai dini hari (karena kami tinggal di kost) dan hang out bersama. Sampai sekarang kami masih berteman baik meskipun tinggal di kota yang berbeda. Seperti impian besarnya, dia pernah mendapatkan program exchange ke Jerman dan Polandia, tetapi belum ke Oxford. Karena ucapannya semasa kami di SMA, saya berencana untuk melanjutkan S-3 saya di Oxford dan saya yakin akan mendapatkannya.

4 komentar:

  1. Ya ampun. aku terharu. Aku juga pingin lho daftar kelas inspirasi. Mikirnya aku g daftar karena g masuk kualifikasi 2 tahun bekerja.
    Selamat ya. Aku iri lho, aku juga pingin ngajar sehari di SD. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku masih ngakak klo inget Aning bilang, "Maksudku kampus yg nyata, di Indonesia." :D

      Hapus
  2. Kemaren saya barusan maen ke Sarangan..
    viewnya bagus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya, baru sekali ke sana? Rumahnya mana emang?

      Hapus